Jumat, 02 Maret 2012

Penyakit - penyakit yang berhubungan dengan darah

1.Hemofilia
adalah kelainan perdarahan yang diturunkan yang disebabkan adanyakekurangan faktor pembekuan

2.Anemia
(dalam bahasaYunani: Tanpa darah) adalah keadaan dimana jumlahsel darah merahatau jumlahhemoglobin( proteinpembawaoksigen )

dalam sel darah merah beradadibawah normal.Sel darah merah mengandung hemoglobin, yang memungkinkan mereka mengangkutoksigen dari paru-parudan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobindalam sel darah merah, sehinggadarahtidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlahsesuai yang diperlukan tubuh.
Penyebab Anemia
Penyebab umum dari anemia:

Perdarahan hebat
Akut (mendadak)
Kecelakaan
Pembedahan
Persalinan
Pecahpembuluh darah
Kronik (menahun)
Perdarahan hidung
Wasir (hemoroid)
Ulkus peptikum
Kanker atau polipdi saluran pencernaan
Tumor ginjalatau kandung kemih
Perdarahanmenstruasiyang sangat banyak
Berkurangnya pembentukan sel darah merah
Kekuranganzat besi
Kekuranganvitamin B12
Kekuranganasam folat
Kekuranganvitamin C
Penyakit kronik

3.Leukemia
merujuk kepada satu kelompok penyakitdarahyang ditandai dengankanker pada jaringan-jaringan yang memproduksi darah. Leukemia adalah kanker yang paling banyak menimpa kanak-kanak di negara industri. DiBritania Raya, satu dari 2000 kanak-kanak menderita penyakit ini.Padaabad ke-19,leukemia dilihat sebagai satu penyakit mematikan tunggal yanghomogen, ditandai oleh penampakan sampel darah yang putih (
leuko-
). Namun dengan berkembangnya pemahaman proses patologi dan cytologi, dokter sekarang mampumengenali penyakit berbeda yang banyak yang membutuhkan perawatan yang berbeda.
Jenis utama
Leukemia boleh dibahagikan secara klinikal dan patologikal kepada bentuk
akut
(mendadak) dan
kronik
(teruk):
Leukemia akut: penghasilan pesat sel darah muda. Ini menyebabkan tulang sumsumgagal menghasilkan sel darah dewasa. Boleh terjadi pada kanak-kanak dan orangmuda. Jika tidak dirawat segera, pesakit boleh meninggal dalam masa beberapa bulanataupun minggu.
Leukemia kronik: penghasilan banyak sel darah dewasa yamg tak normal. Biasanyamengambil masa beberapa bulan hingga tahun. Biasanya terjadi pada orang tua, tapitidak mustahil pada orang muda. Selalunya diawasi untuk suatu tempoh sebelumdirawat untuk keberkesanan rawatan yang maksimum.Leukemia juga boleh dikelaskan mengikut jenis sel tak normal yang paling banyak dijumpai dalam darah:
Jika sel limfoid yang dijangkiti, ia dipanggil "leukemia limfosit".
Jika sel mieloid yang dijangkiti, ia dipanggil "leukemia mielogenus".Jika dua jenis kategori ini digabungkan, terdapat empat jenis utama leukemia:
Leukemia limfosit akut(ALL), paling biasa menjangkiti kanak-kanak.
Leukemia mielogenus akut(AML), lebih biasa berlaku pada orang dewasa berbanding kanak-kanak.

4.HIV
adalah sebuahretrovirusyang menginfeksi selsistem kekebalan tubuhmanusia - terutama CD4+T celldanmacrophage, komponen vital dari sistem sistem kekebalan tubuh "tuan rumah" - dan menghancurkan ataumerusak fungsi mereka. Infeksi dari HIV menyebabkan pengurangan cepat dari sistemkekebalan tubuh, yang menyebabkan kekurangan imun. HIV merupakan penyebab dasar AIDS.
Perkenalan
Istilah HIV telah digunakan sejak 1986 (Coffin et al., 1986) sebagai nama untuk retrovirus yang diusulkan pertama kali sebagai penyebab AIDS olehLuc Montagnier dariPerancis, yang awalnya menamakannya LAV (lymphadenopathy-associated virus) (Barre-Sinoussi et al., 1983) dan olehRobert Gallodari Amerika Serikat, yang awalnyamenamakannya HTLV-III (human T lymphotropic virus type III) (Popovic et al., 1984).


5.Hipertensi
Hipertensi adalah peningkatan abnormal pada tekanan sistolik 140 mm Hgatau lebih dan tekanan diastolic 120 mmHg (Sharon, L.Rogen, 1996).Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHGdan tekanan darah diastolic lebih dari 90 mmHG (Luckman Sorensen,1996).Hipertensi adalah suatu keadaan dimana terjadi peningkatan tekanan darahsistolik 140 mmHg atau lebih dan tekanan darah diastolic 90 mmHg ataulebih. (Barbara Hearrison 1997)Dari ketiga definisi diatas dapat disimpulkan bahwa hipertensi adalahpeningkatan tekanan darah yang abnormal dengan sistolik lebih dari 140mmHg dan diastolic lebih dari 90 mmHg.Etilogi.Pada umunya hipertensi tidak mempunyai penyebab yang spesifik. Hipertensiterjadi sebagai respon peningkatan cardiac output atau peningkatan tekananperifer Namun ada beberapa factor yang mempengaruhi terjadinya hipertensi:a. Genetik: Respon nerologi terhadap stress atau kelainan eksresi atautransport Na.b. Obesitas: terkait dengan level insulin yang tinggi yang mengakibatkantekanan darah meningkat.c. Stress Lingkungand. Hilangnya Elastisitas jaringan and arterisklerosis pada orang tua sertapelabaran pembuluh darah.Berdasarkan etiologinya Hipertensi dibagi menjadi 2 golongan yaitu:a. Hipertensi Esensial (Primer)Penyebab tidak diketahui namun banyak factor yang mempengaruhi sepertigenetika, lingkungan, hiperaktivitas, susunan saraf simpatik, systemrennin angiotensin, efek dari eksresi Na, obesitas, merokok dan stress.b. Hipertensi Sekunder Dapat diakibatkan karena penyakit parenkim renal/vakuler renal. Penggunaankontrasepsi oral yaitu pil. Gangguan endokrin dll.
6.Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)
Tekanan darah adalah kekuatan yang digunakan oleh darah yang bersirkulasi pada dinding-dinding dari pembuluh-pembuluh darah, dan merupakan satu dari tanda-tanda vital yang utama dari kehidupan, yang juga termasuk detak jantung, kecepatan pernapasan, dan temperatur. Tekanan darah dihasilkan oleh jantung yang memompa darah kedalam arteri-arteri dan diatur oleh respon oleh arteri-arteri pada aliran darah.
Tekanan darah perorangan dinyatakan sebagai tekanan darah sistolik/diastolik, contohnya, 120/80. Tekanan darah sistolik (angka yang diatas) mewakili tekanan di arteri-arteri ketika otot jantung berkontraksi dan memompa darah kedalamnya. Tekanan darah diastolik (angka yang dibawah) mewakili tekanan di arteri-arteri ketika otot jantung mengendur (relax) setelah ia berkontraksi. Tekanan darah selalu adalah lebih tinggi ketika jantung sedang memompa daripada ketika ia sedag mengendur (relax).
Tekanan darah sistolik untuk kebanyakan kaum dewasa sehat jatuh antara 90 dan 120 milimeter air raksa (mm Hg). Tekanan darah diastolik normal jatuh antara 60 dan 80 mm Hg. Petunjuk-petunjuk sekarang ini menentukan tekanan darah normal lebih rendah dari 120/80. Tekanan darah diatas 130/80 dipertimbangkan tinggi. Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko mengembangkan:
• penyakit jantung,
• penyakit ginjal,
• pengerasan dari arteri-arteri (atherosclerosis atau arteriosclerosis),
• kerusakan mata, dan
• stroke
Tekanan darah rendah (hypotension) adalah tekanan begitu rendah yang menyebabkan gejala-gejala atau tanda-tanda yang disebabkan oleh aliran darah yang rendah melalui arteri-arteri dan vena-vena. Ketika aliran darah terlalu rendah untuk menyerahkan oksigen dan nutrisi-nutrisi yang cukup pada organ-organ vital seperti otak, jantung, dan ginjal, organ-organ tidak berfungsi secara normal dan mungkin rusak secara permanen.
Tidak seperti tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah ditentukan terutama oleh tanda-tanda dan gejala-gejala dari aliran darah yang rendah dan tidak oleh angka tekanan darah yang spesifik. Beberapa individu-individu mungkin mempunyai tekanan darah dari 90/50 dengan tanpa gejala-gejala dari tekanan darah rendah dan oleh karenanya tidak mempunyai tekanan darah rendah. Bagaimanapun, yang lain-lain yang normalnya mempunyai tekanan darah tinggi mungkin mengembangkan gejala-gejala tekanan darah rendah jika tekanan darah mereka jatuh ke 100/60.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management